Not Lost in Bali - Caps and hari pertama

Posted by Laras Mutiara Diva at Minggu, Desember 26, 2010
Hari yang telah dinanti2kan akhirnya dateng juga. Mungkin bagi sebagian besar orang menganggap biasa aja kalo pergi ke Bali, tapi karena gw belum pernah jadinya gk biasa. Sebelumnya cuma mendengar cerita-cerita ttg Bali saja, terbesit rasa mupeng untuk ke sana, secara Bali salah satu tujuan wisata yang diandalkan oleh Indonesia, gk afdhol kiranya kalau gk mencicipi wisata terkenal di negri sendiri.

Narsis sendiri di pesawat
Suatu hari datang lah kesempatan itu.
Tante gw sekeluarga berencana ke Bali pada akhir tahun 2010 ini. Awal nya sempat ragu mau ikut karena gw gk tau secara tepat jadwal kuliah dan segala urusannya. Akhirnya tuh udah lah disuruh mikir dulu. Beberapa hari kemudian, barulah gw membulatkan tekat untuk ikut. Berhubung tante sekeluarga udah pada pesan tiket duluan, akhirnya terpaksa beli belakangan dan flight yang sama dengan tante sudah penuh (ya udah lah, berangkat sendiri jg gpp, toh biasanya pulang kampung jg sendiri). 

Jadwal keberangkatan gw memang lebih dulu dari pada tante. Enak sih bisa nyampe duluan, tapi gk enaknya itu ternyata bandara Ngurah Rai itu malam-malam sepi juga ya. Lumayan bosen juga tuh nungguin yang lain di bandara sendirian. Mana ketika yang lain udah nyampe, eh malah salah tempat janjian. Pintu keluar nya ternyata berbeda, kirain itu pintu satu2nya untuk kedatangan. -,-

Selamat datang di Bali Laras.
 Setelah ketemu ternyata tante sudah bertemu duluan dengan pak Wayan (yang nanti nya menjadi tour guide kami selama di Bali). Nama Wayan di Bali tuh sebutan buat anak pertama, anak ke dua Made, anak ke tiga Nyoman, anak ke empat Ketut, anak ke lima dan seterusnya balik lagi ke awal Wayan/Putu, Made, Nyoman, Ketut. Lucu yah??  Jadi hati-hati manggil orang di Bali, bisa2 yang nengok banyak.. hehehe. Jam telah menunjukkan pukul 23.30 WITA, setelah bertemu kami langsung diantarkan ke Hotel untuk istirahat.  

Day 1 

Resto ayam betutu
Bbbrrrr dingin. Hari pertama di Bali dan huuujjaaaaa?? Tp gpp, toh gk jalan kaki ini. Perjalanan di hari pertama rada mundur dari jadwal, hal ini karena mobil yang disewa datang terlambat (mengakibatkan tante gw marah2 ama travel agen nya, wkwkwk, nyahooo...). Berhubung udah agak siang dan lapeeeerr maka tujuan pertama adalah nyobain ayam betutu yang katanya makanan khas Bali tepatnya khas Gilimanuk (cover resto nya keren gilaaa wkwkwk), yang ngebedain ayam ini dengan ayam biasa adalah bumbunya, kayak ayam cabe ijo pertama kali liat, tp setelah dicobain pedas jg nggk, rasanya kayak ayam cabe ijo tapi kebanyakan airnya, jd gk pedes, trs ada rasa asin2 gtu, huuaaaaaa gk ngerti jg gw rasanya (mending coba sendiri deh). Makannya disuguhi dengan sambel yang diliat2 sih banyak bawangnya trs gk dimasak mateng (apa gk dimasak ya?, tapi ada minyaknya) trs ada kacanganya jg,  sambelnya kurang sesuai ama lidah gw, hehe. Kalau ayam nya sih ayam kampung jadi ukurannya kecil.

Danau Beratan dan Pura Ulun Danu, Bedugul

Ulun Danu
Udah kenyang, kemudian perjalanan dilanjutkan ke Bedugul yang merupakan kawasan pegunungan, tidak heran kalau daerah ini sejuk. Di Bedugul kami mengunjungi Danau Beratan yang di tengahnya dibangun sebuah pura yang bernama Ulun Danu. Di sekeliling Danau banyak pura-pura yang dibangun sebagai tempat pemujaan dan juga taman yang luas ditumbuhi rumput hijau serta pohon2 yang tinggi. Kebetulan ketika saya ke sana sedang ada  sembahyang jadi bisa tengak tengok dikit. :) Pemandangan nya bagus banget, buat yang sudah punya pasangan (halal) boleh nih ke sini, pemandangan danau, pegunungan, dingin2, romantis banget pastinya. Ohh iya, di danau Berantan ini juga tersedia kapal kecil yang siap membawa kalian berkeliling danau menikmati indah nya pemandangan sekeliling danau.
Bedugul
Alas Kedaton

Pura Dalem
Kata-kata yang bisa menggambarkan alas kedaton adalah monyet, hutan, dan pura. Untuk masuk ke alas kedaton kita ditemani seorang guide lokal yang telah disediakan, tidak perlu membayar lebih untuk guide karena di sini memang telah disediakan, paling kita disuruh mampir ke toko-toko yang ada di sekitar situ itung2 jajan, tapi kl gk beli jg gpp, tidak ada keharusan. Di alas kedaton juga terdapat pura dan tempat pertemuan terbuka yang ukuran nya agak besar. Selain itu di sini terdapat banyakkkk bgt monyet yang berkeliaran, ada yang di jalanan, di pohon, di hutan, di setiap sisi pokoknya mah.  Gawean monyetnya narik2 baju orang minta makan. Hiiiii.. Kalau mau memegang dan foto bareng kelelawar juga bisa, tapi serem, kelelawarnya gede2 bgt.. @,@
Area alas kedaton lumayan luas, hutan pun ada,dan lingkungan pura nya pun gk kalah gede, tapi ada tempat yang gk diijinin masuk, supaya gk kotor kali ya?? gk tau jugaa..



Foto bareng monyet
Tanah Lot

Pintu sebelum masuk kawasan Tanah Lot
Pas banget.. Udah mau soreee... Ayoo berangkat ke Tanah Lot. Katanya sih Tanah Lot bagus banget untuk ngelihat sunset nya. Hari pertama di Bali udah ke Pantai, asyiiikkk khaaann. Sampai pintu masukTanah Lot, kami disuguhi mobil-mobil yang ramee banget. Bayangan awal, duuhh ini gimana menikmatinya kalau orang yang datang serame ini? Yahh tapi gpp lah, namanya juga objek wisata, banyak yang dateng berarti tempatnya bagus. Dari parkiran untuk sampai ke Pantai perlu jalan kaki, di sepanjang jalan ke Pantai banyak toko2 yang menjual berbagai souvenir dan baju2, cafe2 juga ada (jika anda merasa lapar).
Sampai di pantai, huaaaaaa.. Pemandangan yang luar biasa, ada batu besar di pinggir pantai (pinggir agak ke tengah, krn untuk ke sana celana mesti rada dilipet, itu pun ttp basah) yang di atasnya dibangun sebuah pura. Kerennn.. Ketika nyebrang ke pura, sampai di pura ternyata bisa melakukan permohonan doa, gw sih gk terlalu percaya, yah cuma sekedar ikut2 ajah.. 
Jadinya tuh diarahin ama ustadnya (karena agama Hindu pendeta kali ya? hehe), disuruh cuci muka sama air yang nama nya Beji (Holy spring), sepertinya sih di situ ada mata air, krn airnya tawar. Setelah cuci muka kita diberi bunga jepun yang dipasangkan di telinga dan diberi beras yang dipasangkan di jidat (kayak orang india gtu). Matahari pun semakin turun, Tanah Lot semakin cantik untuk dilihat dan difoto. Selanjutnya sesi pemotretan dan main2 air.. yuuuhhhhhuuuuuuuuuuuu..

Jadi orang India versi Bali
Abis cuci muka dengan air suci
Main air di tepi pantai Tanah Lot

Latar belakang lobang tebing Tanah Lot

Pura Tanah Lot
Begitu lah cerita hari pertama di Bali. Besok masih banyak lagi tempat yang mesti dijelajahi, mesti berangkat lebih pagi lagi biar makin banyak tempat yang bisa didatengin.
Alhamdulillah, happy holiday..

0 comments :

Posting Komentar

 

Journey's never end Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea