PKL Day 11 - Hari Ini Gw Produktif Sekali

Posted by Laras Mutiara Diva at Selasa, Juli 13, 2010
Senin, 12 Juli 2010

Pagi ini di RC*I ada final piala dunia. Tidak mau melewatkan pertandingan yang hanya ada sekali 4 tahun ini, gw pun ikut serta nonton. Untung tv di mess tidak disimpen di kamar mbak Re*a kalau iya pasti suram banget gk bisa nonton final FIFA World Cup. Karena di mess cuma ada gw dan Rani, maka tv pun kami masukkan ke kamar kami. he. Rani yang awalnya tertarik nonton tapi setelah beberapa menit petandingan dimulai gw ditinggal tidur. Gw berusaha untuk tidak terhasut, namun gk tau pada menit ke berapa gw juga ikutan tidur, bangun-bangun sudah menit ke 80an aja. Weh, tapi gw lega karena score pada saat itu masih 0-0. Wah keliatannya pertandingan yang sangat sengit. Akhirnya gw nntn sampai akhir pertandingan dan kali ini gk pake tidur tentunya. Pertandingan dimenangkan oleh Spanyol berkat gol pada menit 116. Pertandingan selesai 30 menit lebih lama dari biasanya. Dan tentu saja mengurangi jatah waktu tidur gw, ditambah lagi gw gk mau melewatkan moment-moment penyerahan piala. Hasilnya gw baru tidur pada pukul setengah5 subuh.

Terdengar suara Rani yang seperti membangunkan gw dan berkata bahwa sekarang jam setengah 8. Beuh, gw kesiangan,
tapi gw liat Rani juga belum mandi, gk tau apa yang Rani lakukan sehingga jam segini juga belum mandi. Gw buru-buru ke kamar mandi, di kamar mandi gw melihat baju gw yang semalam gw rendam yang niatnya semalam gw cuci, namun lupa. Berpikir kalau tidak dicuci sekarang bisa-bisa bau, ya sudah gw menyempatkan diri untuk nyuci tuh baju terlebih dahulu, dengan sangat gesit gw nyuci, jemur, kemudian baru mandi. Ketika mau selesai mandi terdengar suara Chawang dan Yanta memanggil. Duduh, gw masih di kamar mandi mereka udah datang aja. Langsung terbirit-birit bersiap-siap, mana para lelaki pada bawel manggil-manggil suruh cepetan. Hari senin dengan pagi yang sangat sibuk dimulai.

Nyampe di kantor seperti biasa, langsung menyalakan laptop dan sedikit ngecheck fb kali aja ada berita baru. Tiba-tiba supervisor gw dan chawang datang dan bertanya mengenai progress kami. Dan kami pun mulai menjelaskan:

Kami telah membandingkan waktu yang dibutuhkan untuk membaca big file yang berukuran 30MB dengan beberapa cara:
1. Pembacaan file dengan melibatkan buffer waktu yang dibutuhkan adalah +-0.58 second
2. Pembacaan file sampai akhir (ReadToEnd) waktu yang dibutuhkan adalah +-0.62 second
3. Pembacaan file perbaris (ReadLine) waktu yang dibutuhkan adalah +-0.59 second
4. Pembacaan semua baris file dan tiap baris file tersebut langsung dibentuk dalam suatu array waktu yang dibutuhkan adalah +-1.18 second


Supervisor kami pun menyarankan untuk memakai metode ke-3 tapi untuk penyimpanannya tiap facet dikelompokkan tapi koordinatnya tetap bisa disimpan. Kira-kira pakai array 2 dimensi. Coba kalau begitu butuh waktu berapa lama untuk pembacaan filenya, setelah itu langsung coba dimapping ke dalam datatablenya. Nanti ditunggu prosgress selanjutnya.

Dari perkataan pak Sanny pun gw nyimpulin kalau kita harus membuat array 2 dimensi berukuran nx7 dimana n adalah banyaknya facet/ segitiga dalam file stl. Pembagian tugas pun dilakukan gw memperoleh tugas untuk membuat array 2 dimensi yang menyimpan data-data tersebut. Dan gw pun berhasil membuatnya dan segera memberitahu kepada Chawang. Yang telah gw lakukan adalah pengelompokan tiap 7 baris data, dan tiap 7 baris itu tetap disimpan ke dalam array. Task 1 gw selesai sudah:



Setelah itu task 2 adalah melakukan parsing data yang gambarannya seperti ini:


Ada data seperti ini dalam suatu file stl (ini hanyalah kutipan data, data asli bisa mempunyai ratusan ribu baris). Terdapat banyak tulisan, dan yang harus dilakukan sebenarnya adalah mengambil nilai-nilai nya saja, masalah yang ditemukan adalah kadang kala diawal baris terdapat space yang banyak, tidak jelas itu terbentuk dari suatu tab atau dari space yang berulang kali. Namun task ke-2 pun selesai dengan baik hasilnya seperti ini:



Task ke-3 adalah melakukannya ke file asli dimana terdapat banyak tulisan yang tidak diperlukan, karena yang diperlukan sebenarnya adalah nilai-nilainya. Dari file yang bentuknya seperti berikut ini:


Maka diambil nilai nya saja, task ini pun terselesaikan dengan baik. Hasilnya seperti berikut:


Ntah kenapa hari ini gw ngoding dengan semangat sekali. Sampai-sampai terlontar oleh Chawang kalau gw produktif sekali hari ini. Dan juga ketika menyelesaikan task ke-2, gw mendapatkan pujian "it's very nice job Ras."

Semoga besok akan lebih baik dan produktif lagi. Amin.. Yok semua bersemangat..

0 comments :

Posting Komentar

 

Journey's never end Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea