My Hometown - Bukittinggi Kota Wisata

Posted by Laras Mutiara Diva at Selasa, Agustus 06, 2013
Kali ini gw mau cerita tentang kota kelahiran gw tercinta yaitu Bukittinggi. Bukittinggi terletak di Pulau Sumatra, tepatnya di provinsi Sumatra Barat. Bukittinggi termasuk dalam kota wisata, dijuluki juga dengan kota kembar. Disebut kembar pasti dunk punya kembaran, kembarannya ada di Malaysia, nama kotanya Seremban di Negeri Sembilan Malaysia. Ok, gk perlu membahas sejarahnya.
Jadi langsung pada pokok permasalahan, gw mau memperkenalkan beberapa wisata yang ada di Bukittingi sebagai bukti bahwa Bukittinggi memang kota wisata:
 
1. Jam Gadang

Jam Gadang (pic from google)
Jam gadang merupakan icon Bukittinggi banget. Dari namanya pasti udah pada tau dari namanya, bangunan ini berupa jam yang gadang (besar dalam bahasa minang), sama kayak Inggris yang punya Big Ben. Atap dari jam gadang sempat berubah beberapa kali, jaman penjajahan Belanda ayam jantan, pada jaman penjajahan Jepang klenteng, tapi sekarang atapnya berupa gonjong, ciri khas atap rumah gadang rumah tradisional Minangkabau. Ada hal yang unik dari angka romawi yang ada pada Jam Gadang, penulisan empat yang dalam romawi harusnya IV tapi di Jam Gadang ditulis IIII.


 
2. Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de Kock


Benteng peninggalan Belanda ini terletak
tidak jauh dari Jam gadang. Dari benteng ini kita bisa melewati jembatan Limpapeh, jembatan dengan design unik dan beratapkan gonjong Rumah Gadang menghubungkan benteng dengan kebun binatang Bukittinggi.

Jembatan Limpapeh

3. Rumah Gadang

Rumah Gadang
Nah yang ini udah pada tau khan, Rumah Gadang adalah nama rumah tradisional Minangkabau, berupa rumah panggung yang terbuat dari kayu, dindingnya dihiasi dengan berbagai ukiran yang mempunyai makna tersendiri.


4. Ngarai Sianok
 
 

Ngarai Sianok (pic from google)

Ngarai Sianok dari Janjang Kota Gadang



Ngarai Sianok terkenal dengan keindahan alamnya. Diapit oleh bukit terjal yang menjulang tinggi (ngarai) dan di tengahnya mengalir sungai.
 
 
5. Janjang Koto Gadang

My cousin and my aunt

Tau khan ya tembok China, objek wisata Janjang Koto Gadang ini mirip dengan tembok China, cuma gk sepanjang dan sebesar punya China. Jalur yang dilewati mulai dari ngarai Sianok sampai Koto Gadang, kalau mau ke sini bagi yang nggk biasa jalan siap-siap aja soalnya jalannya naik turun.
 
 
6. Bukik Takuruang dan Bukit di parak tingga

Bukit yang mirip bukit ukiran patung President Amerika (menurut gw)
Kalau di bahasa Indonesia artinya yaitu bukit yang terkurung. Disebut terkurung karena berdiri sendiri di tengah daratan yang landai. Sedangkan parak tingga kalau diartikan menjadi kebun/ hutan kecil yang sudah lama ditinggalkan/ tidak diurus. Di sini terdapat bukit yang menurut gw menyerupai bukit di Amerika yang terdapat patung foto president mereka. Haha, gk tau pas ngeliat bukit ini langsung kepikiran bukit Amerika itu.
Bukik Takuruang

 
Itu lah beberapa tempat di Bukittinggi yang wajib untuk disinggahi, sebenarnya masih ada beberapa tempat lagi, mungkin di lain kesempatan gw akan share. Oh iya sebagai info, list di atas baru tempat wisata di kota Bukittinggi lho ya, Sumbar itu masih sangat luas dan masih banyak keindahan lain yang ada di bumi Minang.

0 comments :

Posting Komentar

 

Journey's never end Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea