Analisis Usability Web www.tupperware.co.id (Part 4)

Posted by Laras Mutiara Diva at Sabtu, Juni 26, 2010
Reactions:  
Postingan kali ini akan melanjutkan kajian yang ada pada postingan sebelumnya mengenai usability situs www.tupperware.co.id menurut Nielson:

6. Recognition Rather Than Recall

Pada situs www.tupperware.co.id untuk setiap text-link jika di-mouseover akan berubah warna sehingga dapat dengan mudah mengetahui bahwa text itu adalah sebuah tautan.


Gambar 1. Mouse-over

Pada form pengisian contact us www.tupperware.co.id mengizinkan untuk mengakses kembali informasi yang telah dituliskan apabila terjadi kesalahan pada pengisian form, sehingga user tidak harus mengisi dari awal form, cukup mengisi informasi yang salah dan juga informasi yang dibutuhkan untuk diisi ulang.


Gambar 2. Tanpa kehilangan informasi yang telah dimasukkan

7. Flexibility and Efficiency of Use

Situs www.tupperware.co.id sangat mudah untuk digunakan karena secara keseluruhan interface yang ada pada situs Tupperware sudah bagus. Namun masih ada sedikit kekurangan yang terlihat yaitu dari segi menu yang terlalu banyak. Ada di bagian paling atas, dibawah logo Tupperware yang merupakan dropdown menu, di bagian samping kiri, dan juga di bagian atas tepat dibawah menu search. Menu yang terlalu banyak dapat membuat user bingung untuk menentukan kemana dia akan pergi.

Gambar 3. Banyaknya Menu bar


Masalah juga ditemui yaitu sebagian besar halaman yang ada pada situs www.tupperware.co.id membutuhkan scrolling karena halaman yang terlalu panjang.


Gambar 4. Scrolling


8. Aesthetic and Minimalist Design

Pemilihan warna pada situs www.tupperware.co.id sangat bagus dan minimalis. Namun terdapat sedikit masalah dalam pemilihan glyph yang dirasa tidak sesuai untuk menu bar. Dari segi visualisasi jenis glyph ini agak tidak cocok dengan glyph lain yang ada pada situs ini.


Gambar 5. Glyph

Pencantuman logo pada header penting untuk menunjukkan identitas dari situs. Posisi peletakan logo Tupperware yang terletak pada kiri atas sudah sangat baik dan mudah dilihat oleh user. Hal ini dikarenakan sebagian besar pembaca mulai membaca situs dari pojok kiri atas, seperti saat membaca buku.


Gambar 6. Logo header

Whitespace pada situs www.tupperware.co.id memiliki komposisi yang tepat tidak ramai tapi tidak juga terlalu sepi, dan pada tulisan yang panjang situs ini memberikan kutipan awal dari tulisannya, untuk melihat tulisan secara keseluruhan maka situs ini menyediakan layanan untuk melihat selengkapnya tulisan tersebut.


Gambar 7. Fitur melihat selengkapnya

9. Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors

Adanya pemberian error message ketika pengisian form sangat membantu user untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Sehingga user dapat dimudahkan dengan adanya error message ini dan juga agar user tidak meduga-duga kesalahan yang sedang terjadi.

Gambar 8. Error Message

Konfirmasi berhasil juga diperlukan agar user tahu bahwa dia telah berhasil melakukan pengisian form. Namun disarankan agar konfirmasi yang dikeluarkan jelas dan detail sesuai dengan kegunaan pengisian agar user merasa senang setelah melalui berbagai tahapan pengisian form.



Gambar 9. Konfirmasi berhasil


10. Help and Documentation

Untuk menghindari kesalahan dalam pengisian form maka Tupperware memberikan text konfirmasi untuk membantu user mengisi form tersebut.


Gambar 9. Mengatasi kesalahan

User kadang kala tidak tahu apa yang akan terjadi jika suatu text-link ditekan dan sebaiknya suatu website menyediakan tooltips yang bertujuan mendeskripsikan hal yang terjadi jika menekan tombol tersebut. Dengan begitu pengguna tidak perlu masuk ke suatu halaman yang tidak sesuai dengan apa yang mereka ingin kunjungi. Dan seharusnya situs www.tupperware.co.id menyediakan bantuan berupa tooltips untuk penggunanya.

Situs www.tupperware.co.id ini mempunyai menu tanya jawab yang dibutuhkan oleh pengguna, namun situs ini tidak memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk bertanya secara langsung. Tanya jawab yang ada pada situs ini adalah FAQ (Frequently Asked Questions ), dimana pertanyaan dan jawaban datang dari admin situs Tupperware itu sendiri untuk menjawab berbagai keunggulan dari produk yang ada pada situs ini.


Gambar 10. FAQ

13 comments :

vai mengatakan...

Waduh ambur ni design...wwkkwwkkwkwk..nice analysis

wiwiek dewi anggraeni mengatakan...

Seluruh analisisnya lengkap...
tapi saya pusing bacanya ras...
saking banyaknya..
hehehe
tingkatkan terus, daya analisisnya luar biasa :)

wie(g64070048)
http://wiwiekd07.student.ipb.ac.id/

gamma mengatakan...

aduh ini kampus apa warnet...
ehehehe +1 gan

yoga permana mengatakan...

menurut gw kalo kita mau kasih fitur "baca selengkapnya" atau memotong tulisan kita bagusnya sih yang ditampilkan itu sekitar 4-6 baris, kalo cuman 2 baris terlalu sedikit jadi nya user gak bisa ngira2 apa isi tulisan itu.

Nadea mengatakan...

Menurut saya secara keseluruhan website tersebut sudah baik secara tampilan dan usability (sependapat dengan kajian yang kamu tulis). Yaitu dengan desain yang simple dan minimalis dan breadcrumb yang jelas.

Tapi jika diperhatikan saat kita mengarahkan kursor ke menu Solusi&Resep akan muncul menu Home, hal itu sangat aneh mengapa link ke Home justru diletakkan sebagai cabang dari Solusi&Resep.

Selain itu ketika mengeklik menu Distributor akan ada login distributor. Yang saya heran kenapa di samping tombol Submit ada tombol Remove, apa guna tombol Remove itu ya? Hm..

Nice post, keep writing :)

http://www.nadeea.co.cc/
http://nadeae07.student.ipb.ac.id/

akbar r nugroho mengatakan...

Keliatannya emang lebih baik klo dibagi lagi penjelasannya menjadi beberapa bagian

taufiq yuliawan mengatakan...

panjang banget mbak...,
tapi bagus sih analisisnya..,
salam kenal:taufiq-gfm45

yaoga herawan mengatakan...

Mantap bos, tapi kok banyak ya....:p

Adel mengatakan...

Analisinya keren... Panjang juga ^^

Adelina P.H
http://adelinap07.student.ipb.ac.id
http;//adelfavblog.blogspot.com

yudizious mengatakan...

waahh, interface nya kurang nihh
perlu perbaikaann...

izel oke mengatakan...

analisisnya panjang betul dah...
ampe part2an kayak pilem...huhaha...

Danar Sappii mengatakan...

keren website nya, gw suka animasi foto yg dari item putih jadi berwarna waktu pertama buka web ini
=D

redhy mengatakan...

keren gan makasih sharenya...smg bermanfaat

Posting Komentar

 

Journey's never end Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea