Ke Bali (lagi)... Danau Buyan & Tamblingan - Air terjun Git-Git - Lumba-lumba Lovina - Hot Spring Banjar

Posted by Laras Mutiara Diva at Minggu, Juni 26, 2011
Hmmmm, baru rasanya beberapa bulan yang lalu ke Bali, dan sekarang tadaaaa diajak ke Bali lagi. Awalnya mikir-mikir sih mau ikutan, soalnya waktu ke Bali bulan Desember 2010 silam agaknya semua tempat-tempat bagus di Bali sudah dijabanin. Nah yang bikin gw pengen ikut kali ini adalah sekarang liburannya bukan hanya ke Bali tapi ada Lomboknya juga. Huaaa siapa coba yg gk mau ke Lombok, salah satu surga bawah air. :) Berhubung gw penggemar laut, pantai, dan jalan2, gw pun ikut. Liburan kali ini tuh emg rada aneh, jadi tuh tujuan liburan nya rada bolak balik bikin bingung. hehe. Tujuan pertama ke Bali, abis itu ke Lombok, tapi abs dari Lombok gk langsung pulang tapi ke Bali lagi terus beberapa hari di Bali baru deh pulang ke Jakarta. Hihi.. Seterikaan yeee.

Caca, Salsa, Alfin
Nah khusus postingan kali ini gw mau membahas perjalanan gw ke Bali dulu. Hmm, ternyata banyak juga tempat-tempat yang belum gw kunjungi di Bali, terutama di Bali Utara. Namun, jujur sih yg wajib n kudu didatengin di Bali agaknya semua nya udah, sekarang sih tinggal pelengkapnya aja. Nah gk lupa juga sekarang ada personil baru yg ikut yaitu si kembar Caca dan Alvin plus amih nya. :) Si kembar lucu lucu bikin gemes. :))

Day 0

Enjung Beiji

Salah satu trik ketika jalan-jalan itu adalah menginaplah di tempat yang dekat dengan tempat yang akan dituju. Berhubung tempat yang belum kami kunjungi kebanyakan terletak di daerah utara pulau Bali, maka diputuskanlah untuk menginap di Bedugul, daerah pegunungan yang dingin nya sungguh terlalu. Penginapan kita namanya Enjung Beiji yang terletak di pinggir Danau Bratan. Kebetulan kami sampai Bali sudah malam, perjalanan dari bandara ke Bedugul juga cukup jauh jadi alhasil sampai lah kami di penginapan larut malam. Sesampai di penginapan, tanggapan yang pertama adalah "villa nya serem banget", hehe. Jadi di penginapan itu antara satu kamar dengan kamar lainnya itu terpisah, satu kamar seperti satu rumah dan letak antar kamar agak berjauhan, karena tempatnya yang luas dan suasana tempatnya emang tradisional dengan penerangan yang remang2 agar terkesan pedesaan. Sumpah serem bgt. Yahh karena udah capek jadi tidur mah tidur aja, bodo amat serem. hehe.

Day 1

Danau Bratan di belakang penginapan
Pagi-pagi bangun lah gw dengan damai, semalam bener2 dingin menusuk tulang. Setelah cuci muka dan shalat gw pun jalan-jalan melihat pemandangan pagi hari. Ketika keluar kamar, Woooowww pemandangan yang bagus sekali, dari kamar terlihat pemandangan danau dari jarak hanya beberapa meter. Gw pun memutuskan untuk jalan2 ke arah danau. Yiiipppiii. Keren bgt cahaya matahari menyinari danau. Puas2in liat pemandangan danau sampai akhirnya disuruh balik ke kamar utk mandi, sarapan dan siap2 berangkat jalan-jalan. :)

Sunrise
Danau Buyan dan Tamblingan

Danau Buyan atau Tamblingan ya? Takut ketuker. hihi
Tujuan utama hari ini adalah melihat lumba-lumba di perairan utara Pulau Bali yaitu pulau Lovina. Untuk mencapai ke sana banyak objek wisata yang dapat dikunjungi sembari jalan, salah satunya adalah Danau Buyan dan Tamblingan. Dua danau ini adalah danau kembar dan bersebelahan yang terpisahkan oleh daratan dengan lebar  yang pendek. Kebetulan kami tidak benar-bener pergi ke danaunya dan bisa merasakan air danaunya, kami melihat kedua danau tersebut dari perbukitan yang ada di atas kedua danau tersebut. Pemandangan yang indah dan menakjubkan.

Danau kembar
Danau Kembar

Air terjun Git Git

Di perjalanan menuju pantai Lovina objek wisata yang dapat dikunjungi yang lainnya adalah air terjun git git. Hehehe.. Pengalaman gw ke sini adalah banyak anak-anak kecil jualan souvenir kayak gelang2an, kalung2an gitu yang dibikin sendiri, banyak macem n modelnya , tapi yang jualan banyak bgt, kl kita ngeliat-liat anak2 yang lainnya menyerbu dateng semua, alhasil gak bs milih dan kl beli ke anak yg satu anak-anak yang lainnya maksa minta beli juga. Akhirnya gk jadi beli karena mau milih aja gk bisa. Hehe. Padahal murah-murah dibandingin beli di tempat souvenir khusus. Back to air terjun Git Git. Untuk sampai ke air terjun ini mesti jalan dulu kira-kira beberapa meter, lumayan jauh juga sih. Sampai ke TKP gk nyesel deh jalan jauh, air terjun yg deras dengan air yg jernih dan dingin banget. Mana pulang dari air terjun hujan deres pula, terpaksa berteduh dahulu.
Air terjun git git
Anak-anak jualan souvenir
Pantai Lovina dan Lumba-lumba nya

Gerombolan lumba-lumba
Ini lah tujuan utama hari ini, yaitu pergi ke pantai Lovina untuk melihat lumba-lumba berenang di lautan bebas. Cuaca masih mendung tapi untung tidak hujan, jadi perjalanan ke tengah laut nya tetap bisa dilaksanakan. Untuk melihat lumba-lumba yang berenang di laut kita mesti menyewa kapal atau perahu terlebih dahulu. Karena biasanya lumba-lumba ditemukan di tengah laut, untuk mencari spot yang tepat pun rada susah. Setelah beberapa menit hampir sejam berlayar mencari lumba-lumba baru kami menemukannya. Huaaa manteeep bener, lumba-lumba nya ternyata tuh banyak banget puluhan dah, dari induk nya ampe anak2nya ada, loncat2an berbarengan pula. Kerennn dahhh.. :)

Lumba-lumba jungkir balik
Lumba lumba nongol
Nah mumpung di pantai gk afdhol khan kl nggk berenang. Snorkling di sini gk kalah bagusnya, cuma memang spot nya rada jauh dari pantai, jadi harus naik kapal lagi. Mabookk dah. Haha. Tapi terbalaskan lah dengar snorkling yang udah ditunggu-tunggu. :) Melihat indahnya bawah air, biota-biota air. Yiipppii. Pulang snorkling, sumpah berasa bgt maboknya. hehe.

Hot Spring Banjar

Dulu gw punya pengalaman rada buruk tentang pemandian air panas, jadi ketika liat di internet pemandian air panas yg gk usah disebutkan namanya itu terlihat bagus. Tapi ketika sampai di TKP, duhh bener2 gk sesuai dengar harapan, rame n kotor pula. Iyyuuuuhhh. Alhasil gk jd dah. Nah yg di dalam pikiran gw pas mau ke hot spring Banjar ini ah paling sama aja ama yg pernah gw datengin. Tapi setelah sampai ke TKP ternyata bayangan gw salah, tempatnya lebih bagus dan lebih bersih, suasanya pun Bali bgt, dengan batu2an hitam ala Bali dan patung-patungnya. Kolam nya pun bermacam-macam ada yg tinggi, cetek, kolam dengan air terjun yang air nya langsung dari sumber air panasnya. Dan enaknya lagi, tiap hari semua kolamnya dikuras. Dan memang terbukti dikuras karena pas mau tutup dan kami pas baru mau pulang, gw melihat sendiri air kolam nya memang dikeluarkan. Nah ini baru gk bikin kecewa.. :) Berendam di air panas ternyata enak bgt, bikin rilex euy. hihi.

Sekian. Hehe. Dari judul nya udah tau khn, kenapa pake 01 segala, kayak angka biner aja. Hehe. Jadi itu cerita hari ke-nol ama hari ke-satu. Kenapa ada hari ke-nol segala?? Itu karena hari itu belum keitung, sebab belum ada jalan-jalannya. hehe.. Check out cerita selanjutnya ya.. :)