YUKK Naik Gunung Rinjani: Gunung Berapi Tertinggi ke-2 di Indonesia

Posted by Laras Mutiara Diva at Selasa, Mei 07, 2013

Top of Rinjani
Gw pemula dan lagi bermimpi naik gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Beberapa hari sebelum berangkat naik, hari-hari gw sukses dilewati dengan rasa galau poll. Antara percaya and gk percaya, antara ikut and gk ikut, antara naik and gk naik, antara kuat and gk kuat, antara cuti and gk cuti. Deg-degannya sama kayak mau seminar plus sidang skripsi, malah lebih enak sidang karena gk berhubungan dengan nyawa (haha, ini agak lebay emang). Belum berangkat aja ujian mentalnya udah bukan main gimana nanti pas lagi naik, udah deh pikiran-pikiran negatif berseliweran di kepala gw bikin sukses gak bisa tidur nyenyak, kebawa-bawa mimpi. Bukan hanya mental, fisik pun udah mulai diragukan, gimana nggak buat naik gunung yang setinggi Rinjani 4 hari sebelum naik baru jogging sekali. Boro-boro jogging, push up dan kawan-kawannya aja yang gk butuh waktu lama kagak sempat dilakuin. Entah apa yang akhirnya membuat gw tetap naik setelah semua gejolak yang ada di pikiran, di hati, haha. Mungkin gw terlalu penasaran dengan Rinjani, keindahan dewi Anjani yang sangat tersohor, itung-itung melatih mental yang utama dan fisik tentunya, dan tentu kesempatan itu terlalu sayang untuk disia-siakan.
 
Another view of Rinjani's top


Minggu, 5 Mei 2013

Pagi gw masih aja ragu, galau berkepanjangan ini mah namanya, padahal udah packing segala macam. Siangnya baru deh tekad dan mental gw bulat untuk berangkat. Rute keberangkatan kami adalah Jakarta – Bali, Bali – Lombok, tips nih mau nyari tiket murah beli yang malem atau yang pagi banget sekalian. Cerita dikit mengenai team,
sebenarnya kami tuh berlima tapi kerena ada keperluan lain 2 orang diantaranya gk jadi ikut, tinggal lah kami cuma bertiga yang satu almamater sama-sama dari IPB jurusan IT, yang beda-beda angkatannya doang: Ancolina aka Ais, Mbak Yance aka Yani and gw. Strong gk tuh cowoknya? Mesti jagain 2 cewek-cewek yang badannya kecil-kecil kayak bocah. Nah 2 tiket nya itu akhirnya dijual, tapi yang laku cuma 1 tiket, 1 tiket nya lagi hari H langsung diobral dikasih gratis ke siapa aja yang mau, eh gk ada yang mau, hihi, mungkin pada gk baca twitter nya Ancol, sayang sekali padahal beneran mau dikasih GRATIS TIS TIS. Ucapan terima kasih kamu hanturkan kepada Bapak I Gusti Ngurah Rai yang telah memberi penginapan gratis di bandara sambil menunggu pesawat kami ke Lombok besok pagi nya dan juga kepada bapak Satpam café bandara yang mengijinkan kami nongkrong di café milik majikannya yang sudah tutup plus numpang nge-charge pula. Hihi. 

16:00 WIB
Assembly point Landmark Sudirman, check perlengkapan
17:10 WIB
Berangkat ke bandara naik taxi express
18:20 WIB
Check in, sholat
20:20 WIB
Boarding (after delay 20 minutes)
23:00 WITA
Landing in Bali, makan, sholat.
00:30-04:00 WITA
Mencoba istirahat :D


Senin, 6 Mei 2013



Pesawat baling-baling
Beuuh banyak nyamuk di bandara bikin gk bisa tidur euy, sebenarnya sih bukan pelit nyari penginapan, cuma sayang aja kl cuma ditempatin 4 jam tapi bayarnya buat 20 jam, hehe. Oiya info aja nih, agak norak emang, kami ke Lombok bukan pake pesawat gede yg udah biasa dinaikin gitu, tapi pesawat kecil yg pake baling-baling isinya cuma beberapa baris trus rownya 2-2 seat, hihi, norak maklum first time. Nah pada tau khan kalo di pesawat itu dilarang bawa gas? Oleh karena itu sampai di Lombok kami mesti nyari gas dulu di ibukota NTB aka Mataram and nyari logistik sayur-sayuran kl dibawa dari Jakarta bisa busuk duluan. Info di Lombok ada Damri lho, tapi tujuannya cuma 2 yaitu Mataram dan Senggigi. Di Lombok gampang kok nyari taxi, ada bluebird, express, dll dengan tarif lebih murah daripada Jakarta. Enak dan lucunya lagi kami boleh berhentiin argo nya coba, berhubung kami belanja di beberapa tempat karena susah bgt nyari gas kecil di Lombok jadi tiap kali kami turun belanja si Bapak berhentiin argo, hehe. 


Enaknya jadi mapala (si Ancolina) adalah punya banyak kenalan yang mau bantuin kita kalo ada masalah. Kayak yang kami alami, kocar kacir nyari kompor di Mataram gk nemu-nemu, akhirnya minta bantuan ke kenalan Ancol di Lombok yg mapala juga buat nyariin kompor, eh gk cukup 10 menit dicariin langsung ada kompornya. Mantap banget deh solidaritasnya, padahal itu kenalan juga dari temen nya temen belum pernah ketemu sebelumnya. Wkwk. Diajakin main ke bengkel (sebutan sekret mereka) buat istirahat, bersih-bersih plus dicariin angkutan buat sampai ke Sembalun lokasi start pendakian. Tau khan kalau Lombok itu punya julukan pulau seribu mesjid, emang terbukti banget, soalnya sepanjang jalan menuju Sembalun sering banget ketemu mesjid tiap beberapa meter. Walaupun banyak mesjid tapi gk bikin sepi lho, contohnya waktu kami sholat magrib di salah satu mesjid, jemaah tetap ramai mulai dari anak-anak sampai yang tua-tua. Selesai shalat yang bocah-bocah pada ngaji, duh suasana jarang banget ketemu di Jakarta khan. Warganya pun ramah-ramah banget, tau mungkin kami pendatang rasanya dilayani banget, walaupun kadang gk ngerti arti omongan ibu nya yang pake bahasa Sasak, tapi antusias si ibu nanya-nanya ngeliatin mereka welcome banget sama pendatang. :) 


Subhanallah gk berhenti berdecak kagum akan keindahan alam semesta ciptaan Allah. Malam itu langit Lombok sangat cerah dan dipenuhi bintang-bintang, bukan cuma satu atau dua tapi banyak banget seperti gugusan bintang yang menutupi langit. Walaupun sepanjang perjalanan ke Sembalun yang menanjak tiada akhir, kiri kanan hutan yang serem abis gk ada rumah satu pun, ditambah pak supir yg ngebut abiiiis bikin kami yang di belakang mental-mental gk karuan, tapi langit seakan berusaha mengambil alih pandangan kami dengan keindahannya. Seperti gunung dan taman nasional pada umumnya, untuk masuk wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani kita harus lapor dan mengurus SIMAKSI terlebih dahulu. Biaya masuk adalah 10rb dan kita diberi tag yang harus digantungkan di tas selama kita berada di wilayah taman nasional. Tidak mungkin untuk langsung naik malam itu juga, sehingga kami memutuskan untuk menginap semalam di desa Sembalun dan baru memulai pendakian besok paginya.
Bag Tag Rinjani

Semua waktu di bawah selanjutnya dalam WITA

04:00
Bersih-bersih, sholat and early breakfast in Alfamart Bandara
07:00
Check in
09:00
Boarding (after delay 1 hour)
09:40
Landing in Lombok International Airport
10:00
Naik damri menuju Mataram, Terminal Sweta
11:30
Sampai di terminal Sweta, naik taxi Bluebird nyari gas, logistik yang belum lengkap, terus ke Selong
13:30
Bertemu teman mapala Lombok (Marshal) di Selong, makan siang soto ayam lombok di taman Selong, mampir ke bengkel untuk bersih-bersih, istirahat dan packing ulang
16:00
Menuju Sembalun dengan pick up, dicarikan oleh Marshal
17:00
Mampir di pasar Aikmel untuk beli beras dan air mineral
17:25
Melihat kecelakaan motor setelah melewati pasar aikmel, membantu korban ke rumah sakit/puskesmas terlebih dahulu
17:40
Melanjutkan perjalanan ke Sembalun, mampir ke mesjid terlebih dahulu untuk shalat
19:30
Sampai di Sembalun, lapor ke pos pendakian Rinjani
20:00
Cari tempat nginap, cari makan
21:30
Tidur


Selasa, 7 Mei 2013 : Start pendakian, Hari 1 di gunung Rinjani



Nah, tu khan bener yang gw bilang, mesjid di Lombok tuh gk pernah sepi. Shubuh ini kami shalat di mesjid, jamaahnya rame padahal saat itu dingin banget. Mana ada kejadian gk enak pula alarm hp gw bunyi ketika lagi shalat, untung udah mau salam, jadi merasa bersalah mengganggu konsentrasi jamaah lain, trus abis itu gantian alarm hp mbak Yani yang bunyi tapi masih mending bunyinya pas kita selesai shalat jadi bisa langsung dimatiin, untung gk diomelin. :) Ada cerita seru nih, abis shalat itu semua ngiter sambil nyanyiin lagu shalawat dan saling bersalaman, yang lucunya tuh ada 1 orang bapak yang tiba-tiba muncul di tempat jamaah perempuan yang ikut disalami juga. Pertanyaan yang sama langsung gw and mbak Yani saling pertanyakan yaitu “itu si Bapak yang tadi siapa ya? Kok semua jamaah perempuan pada nyalamin dia ya?” Gw and mbak Yani ikut aja nyalamin, abis yang lain juga pada nyalamin si Bapak. Hehe. Mungkin pak RT or Imam or Sesepuh di desa itu (sampai sekarang belum tau jawabannya)
Sembalun Scenery

Ada 2 rute resmi untuk ke Rinjani, yaitu lewat Sembalun atau lewat Senaru. Kami memilih naik lewat Sembalun dan turun lewat Senaru, dengan rute Sembalun – Plawangan Sembalun – Puncak – Plawangan Sembalun – Danau Segara Anak – Plawangan Senaru – Senaru. Target kami hari ini adalah kami harus sampai di Plawangan Sembalun dan ngecamp di sana. Barang-barang sudah terpacking dengan rapi, walaupun agak maksa karena overload tapi semua barang-barang tersebut bakal diperlukan, penting, dan harus dibawa. Supaya tidak repot masak makan siang bongkar-bongkar tas lagi dan biar gk menghabiskan banyak waktu, kami sekaligus membeli makan siang ketika sarapan. Cara ini ampuh banget lho buat menyingkat waktu perjalanan, karena banyak rombongan yang harus ngecamp sebelum Plawangan Sembalun karena terlalu lama menghabiskan waktu untuk masak-masak di jalan.
Sembalun Scenery

Trek Sembalun
Pendakian lewat Sembalun didominasi savanna, hijau sejauh mata memandang, bukit-bukit kecil di bagian kiri dan kanan yang ditumbuhi ilalang dan rerumputan sungguh pemandangan yang sangat memukau. Jarak tempuh melewati jalur pendakian Sembalun lebih jauh dibanding Senaru karena memang lebih landai. Sepanjang perjalanan, pemandangan sekeliling selalu membuat gw berdecak kagum, tiap belokan tiap tanjakan selalu berhasil membuat gw penasaran pemandangan apa lagi yang ada di balik belokan dan di puncak tanjakan ini. Pengalaman pertama agaknya gw naik gunung melewati padang savanna seperti ini, biasanya sekeliling yang dilihat pohon lagi pohon lagi, walaupun artinya sengatan matahari langsung mengenai kulit tapi melihat pemandangan sekeliling tanpa terhalang pepohonan yang menjulang tinggi lebih memberikan kepuasan tersendiri, ingin rasanya mengabadikan setiap spot yang dilalui.

Trek Sembalun
Bukit Penyesalan
Setelah makan siang di pos 3 baru lah nanjak tiada tara landai. Kita mesti melewati 7 bukit yang tinggi,  bukit kecil gk masuk hitungan kl diitung yang kecilnya juga sudah pasti lebih dari 7. Nama bukit-bukit tersebut adalah bukit Penyesalan. Ngeri gk tuh namanya? Gw pas searching tentang trek Rinjani di internet liat nama bukit ini aja langsung merinding, takut nih bukit bener-bener bikin nyesel pas didaki. :P Tapi setelah dijalani, bisa kok gk bikin nyesel karena di atas sana sudah menunggu pemandangan danau Segara Anak dari puncak Plawangan Sembalun, khan udah makan siang juga jadi udah ada tenaga lagi, udah gitu kebetulan lagi rame yang naik bikin tambah semangat. :)
Bukit Penyesalan
Here we are, Plawangan Sembalun pukul 16:50, dingin sudah terasa, kabut menutupi pandangan. Tapi syukurnya kira-kira 10 menit kemudian kabut mulai hilang dan puncak gunung Rinjani mulai terlihat jelas dan WOOOWW, bukan main indahnya. Kami mulai mencari tempat untuk ngecamp agar tidak keduluan rombongan lain dan agar bisa memilih posisi paling strategis yaitu langsung terlihat puncak rinjani dan danau segara anak saat keluar tenda. Sore ini kami mendirikan tenda ditemani pemandangan sunset gunung Rinjani yang sangat indah. Satu lagi yang bikin seru saat naik gunung adalah masak-masaknya. Mulai dari bikin bakwan agar-agar berbagai minuman hangat dan nasi sayur lauk pastinya. Tidak lupa kami pun berbagi aroma bakwan plus bakwan nya juga kepada para tetangga. :) Saking doyan and seru nya masak ampe butuh waktu 2.5 jam, hehe. Jam 21:30 baru mulai makan bener-bener late dinner, akhirnya baru tidur jam 22:00 deh, padahal jam 01:00 dini hari kami mesti summit attack, artinya cuma tidur 3 jam kurang dunk, semoga gk kebablasan. Tetangga and kami pun saling teriak dari tenda masing-masing minta dibangunin bagi siapa yang bangun duluan.

Puncak Rinjani dari Plawangan Sembalun

Danau Segara Anak dari Plawangan Sembalun

Sunset dari Plawangan Sembalun terlihat
puncak Plawangan Senaru

Reach Plawangan Sembalun
Another view of Plawangan Sembalun

Morning sunshine, morning Plawangan Sembalun, hoaamm..

Sunrise in Plawangan Sembalun

4:30
Bangun, ke mesjid untuk shalat shubuh
5:00
Mulai packing barang-barang
7:00
Beli nasi untuk sarapan sekaligus makan siang di 
perjalanan, beli air mineral tambahan
8:30
Start naik dari Sembalun Lawang
10:46
Sampai pos 1 (Pemantauan)
11:22
Sampai pos 2 (Tengengean)
12:48
Sampai pos 3 extra
12:59
Sampai pos 3 (Padabalong), makan siang 45 menit
14:41
Sampai pos Bukit Penyesalan
16:50
Sampai Plawangan Sembalun, diriin tenda
18:30
Bersih-bersih, shalat
19:00
Masak, ngobrol, makan
22:00
Tidur


Note: di pos 2 bisa bermalam karena ada air tapi dari cekungan sehingga harus diendapkan dulu biar jernih dan dapat digunakan, ada lagi air di Plawangan Sembalun. Kalau tidak bermalam lebih baik sedia air dari bawah untuk di perjalanan sampai Plawangan Sembalun agar tidak report ambil air lagi.



Rabu, 8 Mei 2013: Summit Attack, Hari 2 di gunung Rinjani

Summit Attack
Gak tau kenapa gw gk bisa tidur, padahal waktu istirahat sebelum summit attack cuma 3 jam setelah seharian jalan terus. Antara tidur dan gk tidur jam 00:30 alarm gw nyala, gw langsung bangun begitu pula mbak Yani yang ternyata juga gk bisa tidur, cuma si Ancolina yang bisa tidur. Kami mulai siap-siap ganti baju, pake segala persiapan buat muncak, bawa peralatan masak and makanan (bakwan yang sengaja kami goreng lebih, agar-agar yang sengaja kami sisakan setengah ketika makan malam tadi untuk dibawa ke puncak). Barang-barang lain ditinggal di tenda, hanya barang-barang yang diperlukan dan barang berharga saja yang dibawa, masalah keamanan sih sebenarnya gk ada yang jagain bermodal saling percaya aja. Pukul 01:30 kami mulai summit attack bersama dengan rombongan tetangga. Cuaca malam itu sangat cerah, bintang sama banyaknya seperti tadi malam plus ditambah bintang jatuh yang bukan cuma sekali tapi sering banget. Ini pertama kalinya selama hidup gw melihat bintang jatuh dengan mata kepala sendiri, selama ini gw antara percaya dan gk percaya dengan adanya bintang jatuh karena belum mengalami langsung tapi semenjak itulah gw percaya dengan keajaiban itu. Katanya kalo liat bintang jatuh dan ucapin permohonan bakal terkabul. Haha gw jg gk lupa malam itu bikin permohonan, banyak banget, tiap kali liat, gk dimasukkin ke hati sih biar gk syirik, dianggap lagi doa di tengah malam aja ya. He. 

So Tired and Cold
Trek awal sedikit berpasir dan berdebu sehingga sering kali kita mesti pasang masker ketika berdekatan dengan pendaki lain karena memang setiap kali melangkah debu-debu itu berterbangan. Kita juga harus super hati-hati karena trek pasir ini gampang bikin terpleset, sedangkan kiri kanan trek kadang jurang. Setengah perjalanan pertama kami lalui dengan semangat yang menggebu-gebu. Tapi setelah itu tenaga kami mulai habis terforsir mungkin akibat kurang tidur dan terlalu memaksakan diri karena sebelumnya kami telah jalan seharian. Berhenti untuk istirahat tiap beberapa meter sambil melihat bintang-bintang di langit dan beberapa kali mencoba tidur. Namun berlama-lama istirahat juga gk kuat dingin banget, bikin menggigil kalo gk gerak, tapi dipaksain jalan jg gk kuat udah drop and ngantuk banget. Alhasil jalan sambil tidur, antara sadar and gk sadar, tiap kali melangkah tiap kali merem. Sempat parno denger saran dari pendaki lain ketika kami istirahat sambil merem, katanya gk boleh tidur malah bikin tambah drop.
Tidur dulu di jalan
Sunrise dari lereng Rinjani
Trus Ancol yang tadinya semangat 45 tiba-tiba berjalan sangat lambat di belakang, ternyata doi sakit, pusing, badannya panas trus katanya badan ngilu semua. Panik juga cowok satu-satunya jatuh sakit. Tapi walaupun begitu semua masih bertekad untuk sampai ke puncak walaupun terseok-seok, perlahan tapi pasti. Sunrise yang kami impikan di puncak Rinjani tidak tercapai. Gk kalah indahnya sunrise di lereng Rinjani yang terlihat langsung di sebelah kiri dan danau segara anak di sebelah kanan bawah kami. Setelah matahari terbit dan suhu sudah mulai tidak terlalu dingin akhirnya kami memutuskan untuk mengistirahatkan diri tidur di pinggir trek pendakian. Walaupun tinggal beberapa meter lagi untuk sampai ke puncak tapi beberapa meter ini lah yang paling dewa treknya. Lerengnya makin miring mencapai 45 derjat, tanjakan berlapis pasir yang tebal beserta batu-batu kecil membuat sangat sulit untuk melangkah. Naik dua langkah turun selangkah atau naik selangkah turun lagi selangkah, begitu lah susahnya melewati trek berpasir ini, seperti jalan di tempat dan bikin jenuh, cape tiap kali melangkah harus terbawa turun lagi.
Trek berpasir kemiringan 45 degrees

Trek to reach 3726 mdpl

Almost to the top
Beberapa langkah naik menghasilkan beberapa langkah turun

Udah puas tidur guys? :)

Take a rest

One of my favorite picture

Finally Rinjani 3726 mdpl
Dengan segala kesusah-payahannya akhirnya kami sampai puncak Rinjani dengan total lama perjalanan 9 jam. Hehe, 4 jam lebih lama dari target yang direncanakan, dengan kondisi yang agak memprihatinkan. Panas sudah sangat terik di puncak, kami langsung tepar, dan tentunya tertidur kembali sesampai di puncak. Selama setengah jam tidur, panas mulai terasa makin menyengat gimana nggk di ketinggian 3726 mdpl pukul 11:30 ketika matahari pas hampir tegak lurus di kepala. Akhirnya gw mutusin untuk bangun dan membangunkan yang lain juga, karena kita nggk boleh berlama-lama di puncak bisa berbahaya apabila kabut sudah mulai naik. Mungkin banyak yang nanya kenapa mesti summit attack tengah malam? Kenapa gk pagi-pagi aja atau siang? Ini lah jawabannya: karena kalau siang di Rinjani rawan angin badai dan lewat tengah hari kabut mulai naik ke puncak Rinjani. Beberapa pendaki yang berangkat subuh saja banyak yang tidak dapat meraih puncak karena kabut sudah mulai naik di tengah perjalanan sehingga mereka tidak berani lagi untuk melanjutkan perjalanan.

Top of Mount Rinjani, Segara Anak Lake, Barujari Mount

Congratulations guys, kita di atas awan

Blue team with blue sky
Kawah gunung Rinjani

Ayo kabut sudah mulai naik
Sangat beruntung kami setelah foto-foto sebentar di puncak dan langsung turun kira-kira pukul 11:45, saat itu kabut dan angin dingin dari bawah mulai naik ke puncak, selama perjalanan turun sekelilingnya telah tertutup kabut. Turun dengan agak cepat, kalau kata mbak Yani jadi serasa main jetski turun nya, mesti hati-hati juga kalo gk mau terpeleset jatuh. Kami adalah pendaki terakhir yang turun dari puncak, pendaki-pendaki lain sudah turun dari tadi, agak was-was juga. Di seperempat perjalanan terakhir menuju tempat ngecamp rintik-rintik hujan mulai turun walau belum terlalu deras sehingga kami makin mempercepat langkah turun. Beruntung dapat menyusul 2 orang pendaki yang juga turun karena kami sempat bingung arah posisi kami ngecamp di Plawangan Sembalun. 

Sand skiing by sista Yani

Berkat tidur di jalan pas muncak kami jadi terkenal di kalangan pendaki, di camp pada nanyain nyampe di puncak jam berapa, haha KEPO cyynnn, dengan rekor muncak hampir 9 jam, ditambah turun 4 jam, jadi total 13 jam. Berangkat jam 01.30 dini hari, baru sampe camp lagi jam 16:00 sore. Belum lagi cerita dongdong yang lainnya yaitu bakwan dan agar-agar yang udah kami siapin buat bekal sarapan di puncak gk kebawa, rencana mau masak-masak di puncak juga pupus karena cuma bawa kompornya tapi gasnya lupa dimasukin ke tas. Untung snack-snack dan air dibawa kl nggk bisa mati kelaperan itu seharian gk makan. Dipikir-pikir strong juga tuh kami yang melewatkan makan pagi plus makan siang juga. Aneh tapi nyata, pas balik-balik tenda kami udah ada sarang laba-laba nya lho, udah kayak ditinggal berhari-hari aja. :)

0:30
Bangun, packing buat summit attack
1:30
Summit attack
6:39
Tidur di jalan ketika summit
8:30
Melanjutkan summit attack setelah tidur
10:30
Sampai puncak, langsung tidur lagi
11:10
Bangun, foto-foto di puncak
11:45
Turun
16:00
Sampai di camp lagi, Plawangan Sembalun, bersih-
bersih, shalat
18:00
Masak, shalat, makan
20:30
Tidur



Kamis, 9 Mei 2013: Danau Segara Anak, Hari 3 di gunung Rinjani


Untuk sampai di danau segara anak kita mesti turun bukit, selama 2 jam pertama jalur full bebatuan terjal seperti tebing karst. Gk enaknya kl turun itu nahan bebannya. Di perjalanan menuju danau kami bertemu banyak porter, baik yang sama-sama turun ke danau maupun yang naik. Salute gw tujukan ke porter-porter yang kami temui di gunung Rinjani, dengan membakul beban berat berisikan makanan, tas-tas milik tamu, perlengkapan untuk ngecamp dengan 2 keranjang yang dihubungkan oleh kayu/bamboo di pundaknya. Dan dengan kaki beralaskan sandal jepit mereka berjalan sangat cepat dibandingkan kami yg cuma membawa satu tas yang sudah didesign sedemikian rupa agar enak buat dipakai dan kami yang menggunakan sepatu gunung. Mungkin karena sudah terbiasa, tapi gw gk bisa membayangkan sesakit apa pundak mereka setelah membawa beban seberat itu dengan sebatang kayu. 

Sesaat setelah Nyasar
Setelah jalur bebatuan, trek mulai landai dan terus melipir bukit, kira-kira melewati 3-4 bukit. Bosen danaunya gk kunjung keliatan, padahal rasanya udah jalan jauh banget. Karena mainset kalau ke danau berarti turunan, kami sempat nyasar ketika mengikuti jalan turun yang makin ke ujung jalannya makin sempit, walaupun masih keliatan pernah dilewati, tapi rumput-rumput di sekelilling nya terlalu tinggi. Gw dari awal curiga kalau ini bukan jalur yang benar melihat kondisi rumput yang sangat tinggi. Tepat sekali, ujung dari jalur ini buntu dan merupakan jurang. Akhirnya kami memutuskan balik ke atas ke titik sebelum kami nyasar, yaitu titik dimana rumput yang kiri kanannya gk selebat ini. Ternyata jalan yang bener adalah ke arah atas, ternyata pula 2 trashbag yang kami lalui di jalan itu merupakan sebuah petunjuk dan tanda, oooaaalllaahh, ngasih tanda kok setengah-setengah ya, kirain itu trashbag buat menutupi “sesuatu” di bawahnya, sumpah gk ngeh. :D Setelah hampir agak kecewa ngeliat jalurnya kok jadi naik lagi begini, gk beberapa lama setelahnya terlihatlah tanda-tanda danau dan makin lama terdengar suara-suara orang. Hmmm senangnya bukan main ketika ngelihat hamparan danau yang indah, inilah danau Segara Anak dengan gunung Barujari di salah satu sisi danau, terlihat pula orang-orang yang lagi asyik memancing, karena ikan di danau ini sangat banyak, jadi bagi yang suka mancing sebaiknya membawa peralatan mancing ketika mau naik Rinjani. :)

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak dan Gunung Barujari
Mancing di danau Segara Anak
Air terjun langsung dari danau

Kami langsung mencari tempat strategis untuk mendirikan tenda, agar tidak kesorean ke kolam air panas yang kira-kira mesti berjalan 30 menit dari danau sekaligus mengambil air di mata air untuk bersih-bersih dan masak tentunya. Air dari danau segara anak mengalir turun ke air terjun yang kami lewati untuk sampai ke kolam air panas, pemandangan nya wow banget, subhanallah. Kolam air panas nya ternyata gk terlalu gede, alhasil gw and mbak Yani cuma ngerendam kaki. Air panas dari kolam ini berasal dari air belerang dari dalam gunung yang keluar melalui celah/lobang kecil di dinding tebing. Gk bisa berlama-lama karena tidak membawa senter kami pun segera balik ke tenda, padahal belum puas merendam kaki di air panas. Tapi cukup melegakan kaki setelah perjalanan jauh ini.

5:00
Bangun, shalat
6:00
Masak, makan, packing
11:00
Selesai packing, Ancol ketemu porter yang kebetulan 
bisa pijit. Pijit dulu
11:40
Berangkat ke danau segara anak
15:21
Nyasar, memilih jalan yang mengarah ke bawah, ujung 
jalan buntu jurang
15:35
Balik ke posisi awal sebelum nyasar, ternyata 
seharusnya ke arah atas, sudah ada tanda di jalan 
berupa trashbag
16:50
Sampai di danau segara anak
17:00
Buka tenda, unpacking
17:40
Ambil air mata air buat minum, lalu ke kolam air panas
18:30
Bersih-bersih, shalat, masak, makan
21:00
Tidur



Jumat, 10 Mei 2013: Plawangan Senaru - Turun, Hari 4 (last day) di gunung Rinjani

Morning danau Segara Anak
this is our tent

Last Packing
 Sebenarnya masih pengen lama-lama di danau, tapi mesti buru-buru pulang karena gw udah pegang tiket pulang ke Jakarta buat besok. Lain halnya dengan mbak Yani and Ancol yang masih punya waktu sampai Selasa. Pagi ini kami packing terakhir, insyallah, berhubung kalap bawa makanan banyak banget pas mau turun masih aja banyak, alhasil kami bagi-bagikan ke tetangga yang masih stay. Daripada dibawa turun lagi, beratnya itu lho gk tahan. Tetangga menyambut dengan sangat senang pemberian kami karena memang mereka belum mau turun sehingga membutuhkan persediaan lebih. Eiitss tapi nih ya untuk mengingatkan, jangan mentang-mentang biar turunnya enteng trus semuanya dikasih ke orang, gk boleh juga, karena kita gk tau apa yang akan terjadi di jalan nanti, semua worse case yang ada juga harus tetap dipersiapkan. Hal yang paling simple sih gmn kl ternyata gk keburu sampai di bawah hari itu juga sehingga mesti ngecamp semalam lagi sedangkan semua makanan sudah dikasih ke orang, bisa kelaperan gk tuh, akhirnya gk kuat lanjutin perjalanan lagi. Makanya kami tetap menyisakan bekal makanan untuk kami sendiri sebagai antisipasi segala kemungkinan.
Segara Anak Rinjani, Yeey!!
Halo tetangga
Bukit kecil di pinggir danau
Asyik trek nya lewat pinggir danau
Jalur pulang dari danau lewat Senaru: nanjak dulu sampai Plawangan Senaru lalu baru deh turun sampai desa Senaru. Dari danau kami harus melewati pinggiran danau sekitar 30 menit, baru nantinya naik melipir bukit sampai atas. Jalur ke Plawangan Senaru nanjaknya bukan main, mesti hati-hati karena sebelah kiri adalah jurang berpemandangan danau yang spektakuler kerennya. Melewati bukit berbatu-batu ceper dengan lebar jalur kecil, kadang harus naik ke atas batu yang letaknya tinggi, hati-hati ketika berpegangan dan memilih pijakan, pastikan berpijak ke batu yang kuat. Di jalur itu kadang ditemukan besi pegangan yang digunakan sebagai bantuan untuk para pendaki khusus di jalur yang sangat curam dan tidak ada pegangan. Tapi gw lebih prioritas ke pegangan alami kayak batu or kayu karena beberapa pegangan yang dibuat itu ada yang sudah mulai rusak dan lepas sehingga malah jadi membahayakan bila digunakan untuk bertumpu. Di jalur ini juga ditemukan beberapa tangga pendek dari besi, disediakan untuk mempermudah pendaki melewati trek yg terlalu tinggi dan curam untuk dilewati tanpa bantuan alat.


Kalau cape bisa liat pemandangan danau dulu
Makin terjal
Pemandangan selama perjalanan ke Plawangan Senaru
Makin terjal lagi tapi keren kan pemandangan bawahnya

Rinjani di Indonesia bukan ya? Lebih banyak bule nya
Di perjalanan menuju Plawangan Senaru kami bertemu rombongan mapala Universitas Mataram. Kami diingatkan untuk istirahat terlebih dahulu karena sudah masuk waktu shalat Jumat. Istirahat sambil mereka cerita tentang kejadian yang pernah terjadi di Rinjani, kejadian 7 orang pendaki yang meninggal di jalur Plawangan Sembalun ke danau Segara Anak karena kena badai dan lewat jalur yang gk resmi, mayat mereka ditemukan saling terpisah dengan jarak beberapa meter satu sama lain. Ada juga cerita mistisnya, tapi di pos 2 Senaru, katanya apapun yang terjadi sebisa mungkin jangan ngecamp di pos 2 karena angker, katanya udah banyak yang diganggu makhluk halus di sana, *merinding. Gk kerasa hampir 1 jam kami cerita-cerita, waktunya kembali melanjutkan perjalanan. Awalnya barengan sama rombongan mapala univ mataram, lama-lama kami ketinggalan jauh banget, maklum khan rombongan kami ada cewek-cewek imutnya. Wkwk. Sampai Plawangan Senaru serasa bukan lagi di Indonesia, mulai dari pemandangannya yang TOP BGT, ditambah lagi ketemu banyak banget bule yang hasil nanya-nanya total rombongan mereka 33 orang, buset, walaupun yang udah nyampe atas waktu itu baru 14 orang. Di perjalanan turun jadi lah kami ketemu mulu ama bule-bule sisanya. 
Plawangan Senaru

Plawangan Senaru Scenery
Perjalanan sebelum mencapai pos 3 Senaru didominasi oleh savanna. Jalan turunnya berdebu dan rawan terpeleset. Dengan segala kesusahpayahan dan kehati-hatian akhirnya sampai juga di pos 3, ketemu lagi dengan mapala univ Mataram yang sengaja menunggu kami untuk turun bersama karena khawatir soalnya perjalanan masih panjang sedangkan hari sudah mulai sore dan rombongan kami cuma bertiga, padahal mereka sudah jauh banget di depan kami. Mulai dari pos 3 ini sampai bawah nanti adalah hutan tropis, akhirnya ketemu hutan juga. Beruntung lah kami ketemu sama rombongan mapala ini, karena treknya full hutan dan rawan nyasar apalagi kalau jalan malam karena gk terlalu keliatan, mana serem pula kalo cuma bertiga di hutan belantara yang gelap ini. Nyampe di pos 2 yang katanya angker sempat parno juga, hehe, semuanya pada gk mau berlama-lama di itu pos. Kaki rasanya pengen copot, pegelnya bukan main mana anak mapala ini jalannya pada cepet banget pula, tapi kalo dimanja bisa sampai di bawah tengah malam. Berhubungan kami ada di posisi tengah rombongan akhirnya tetap aja ketinggalan dari mereka yang di depan, menyisakan rombongan kami dan 1 orang rombongan mereka (kena sandera, hehe). 
Ini pos 2 bukan ya? Hiiii
Jbag Gawah (Pintu Hutan) Senaru
Akhirnyaaaa pukul 21:30 sampai lah kami di pintu hutan Senaru. Alhamdulillah ya Rabb bisa kembali dengan selamat dan sehat. Alhamdulillah dan terima kasih atas kesempatan yang Kau berikan kepada kami untuk melihat keindahan gunung Rinjani dan danau Segara Anak, keindahan alam ciptaan-Mu. Kami pun saling mengucapkan selamat satu sama lainnya karena telah berhasil menaklukkan gunung Rinjani gunung vulkanik tertinggi ke-2 di Indonesia. Kapok naik gunung Rinjani? Tentu saja tidak, karena lelah yang dirasa nggak seberapa dibanding keindahan yang kami lihat selama perjalanan 4 hari di gunung Rinjani. Terima kasih my partner Mbak Yani dan Ancol, semoga di lain kesempatan kita bisa trekking sama-sama lagi. :)

5:00
Bangun, shalat
6:00
Masak sekalian untuk makan siang, makan, packing
11:00
Selesai packing, foto-foto, ambil air untuk di jalan
11:30
Berangkat ke Plawangan Senaru
12:30
Istirahat, ketemu mapala univ mataram, istirahat agak 
lama krn menunggu selesai jumatan
13:00
Melanjutkan perjalalan ke Plawangan Senaru
14:38
Sampai Plawangan Senaru
16:37
Sampai Pos 3 (Mondokan Lolak)
18:23
Sampai Pos 2 (Montong Satas)
19:23
Sampai Pos 2 ekstra
20:25
Sampai Pos 1
21:06
Sampai di pintu hutan
22:15
Tidur di warung Ina pintu hutan



Salam rimba dari gunung Rinjani,

Laras

5 comments :

Unknown mengatakan...

Good Job Laras

Selain enak dibaca, bisa jadi info penting buat para calon pendaki Gunung Rinjani Selanjutnya

Salam Rimba

Laras Mutiara Diva mengatakan...

@Esmu Haji : thank u so much mu.
Semoga kamu juga bisa segera ke sana, trs semoga tulisan aku bisa dijadiin referensi. :) Ohh iya, cerita naik gunung kamu juga ditulis dunk mu, biar bisa dijadikan referensi sama yang lain.

edellouis12 mengatakan...

kerenzz kk...

kpan yy bisa k'sana... :D :D :D

Laras Mutiara Diva mengatakan...

@edellouis12: hihi... Tunggu apa lagi, langsung berangkat aja, bagus banget lho.. *kompor

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

 

Journey's never end Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea